RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK AL-HASAN SAKETI
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/3
Pertemuan ke : 11-15
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi
dengan Bahasa Inggris setara Level
Elementary
Kompetensi Dasar : 2.2 Mencatat pesan-pesan sederhana baik
dalam interaksi langsung maupun melalui alat.
Indikator : 1. Pesan (message) yang diterima
lewat telepon dicatat dengan benar.
2.
Pesan (message) yang diterima secara
langsung dicatat dengan benar.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat mencatat pesan (message) yang diterima lewat telepon
dicatat dengan benar.
2. Siswa
dapat mencatat pesan (message) yang diterima secara langsung
dicatat dengan benar.
B. Materi Pembelajaran
Language Focus
1.
Expressions dealing with telephone conversations
a.
Can I speak to Arifin, please?
b.
Hello. This is Andini.
Grammar Review:
1.
Personal pronouns
Subject
|
Object
|
Possessive Adjective
|
Possessive Pronoun
|
Reflexive Pronoun
|
I
You
We
They
He
She
It
|
me
you
us
them
him
her
it
|
my
your
our
their
his
her
its
|
mine
yours
ours
theirs
his
hers
its
|
myself
yourself
ourself
themself
himself
herself
itslef
|
2.
Reported speech
a. He said that you had to pay
for the tickets
b. He asked you to pay for the
tickets.
c. He wanted to know if you would
be available in the afternoon.
d. He wanted to know where you
put his umbrella.
3.
Adjective Clause
a.
Do you know the staff who will be promoted our new division manager?
C. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya jawab
4.
Role-Play (Bermain peran)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-11:
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajaran.
d. Guru
memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian
siswa menjawabnya.
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru membaca dialog dalam telepon, siswa mendengarkan,
dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang personal pronouns.
c.
Siswa mencatat penjelasan guru.
d.
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang personal pronouns.
e.
Siswa membuat dialog sederhana dengan menggunakan on the phone.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa hasil kerja siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-12:
1. Kegiatan Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa tugas rumah siswa
yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada
pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
b.
Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang
menggunakan ekspresi on the phone (yang
telah dibuat pada pertemuan sebelumnya) bersama temannya di depan kelas.
c.
Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh
guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
tersebut.
d.
Siswa membuat karangan dengan menggunakan personal pronouns.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
b.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-13:
- Kegiatan
Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru membahas tugas rumah yang telah
diberikan pada pertemuan sebelumnya.
d. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajaran.
e. Guru
memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian
siswa menjawabnya.
- Kegiatan Inti
a.
Guru membaca dialog tentang penyampaian pesan, siswa
mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang reported speech.
c.
Siswa mencatat penjelasan guru.
d.
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang reported speech.
e.
Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh
guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-14:
- Kegiatan
Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa dan membahas tugas
rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
- Kegiatan Inti
a.
Guru me-review materi yang telah dijelaskan pada
pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.
b.
Siswa membuat kalimat yang menggunakan pola reported speech.
c.
Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh
guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
tersebut.
d.
Siswa membuat/menulis pesan dari telepon dan seseorang
secara langsung.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
b.
Guru memberikan tugas rumah.
c.
Guru menyampaikan materi yang akan dibahas pada
pertemuan selanjutnya dan meminta siswa untuk mempersiapkan/mempelajari materi.
d.
Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan
salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
Pertemuan ke-15:
- Kegiatan
Awal
a. Guru memberikan salam kepada siswa.
b. Guru memeriksa kehadiran siswa.
c. Guru memeriksa dan membahas tugas
rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
d. Guru menyampaikan materi yang akan
dibahas dan tujuan pembelajarannya.
e. Guru
memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian
siswa menjawabnya.
- Kegiatan Inti
a.
Guru membacakan kalimat yang mengandung pola adjective clause kemudian siswa
menulisnya.
b.
Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola
kalimat ajective clause kemudian
siswa mencatatnya.
c.
Siswa mengerjakan latihan-latihan soal.
d.
Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh
guru dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan
tersebut.
- Kegiatan Akhir
a.
Guru memeriksa hasil kerja siswa.
b.
Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu
pelaksanaan ulangan harian.
c.
Guru
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para
siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
E. Alat, Media, dan Sumber Belajar
1.
Alat
LCD
Proyektor, Laptop, Speaker, VCD, Gambar, dan Buku Cerita
2.
Media
a.
Audio: Cerita
b.
Visual: Gambar
c.
Audio Visual: Video
3.
Sumber
a.
Global Access to the World of Work Book 2
b.
Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2
c.
LKS Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI Semester Genap
d.
English Grammar in Use
e.
How to Say It
F. Penilaian
1. Prosedur
Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test)
2. Jenis
Penilaian:
a. Tes
Lisan
Dialog
berpasangan.
b. Tes Tertulis
1) Melengkapi kalimat.
2) Pilihan ganda.
3) Membuat paragraf pendek.
Sukoharjo,
Juli 2009
Mengetahui,
Kepala
SMK AL-HASAN SAKETI Guru
Mata Pelajaran
ERI QUSYAERI,S.Ag.M.Pd IKEU AGUSTIANI,S.Pd.
Bisa di download Dibawah inihttps://www.dropbox.com/event_details/239985801/445493213/417670603/0
Komentar
Posting Komentar