RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMK AL-HASAN SAKETI
Kelas / Semester : X/I
Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
MateriPokok : MenelusuriPeradabanawal
di KepulauanIndonesia.SebelumMengenalTulisan
Sub MateriPokok : SebelummengenalTulisan
PertemuanKe :
1
AlokasiWaktu : 2 x 45 menit( 90menit )
A.KompetensiInti :
1.
Menghayatidanmengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramahlingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahamidanmenerapkanpengetahuanfaktual,
konseptual, proseduraldalamilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian
yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranahabstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.Kompetensidasar
1.2. Menghayatiketeladananparapemimpindalamtoleransiantarumatberagamadanmengamalkannyadalamkehidupansehari-hari
2.1.
Menunjukkansikaptanggungjawab,
peduliterhadapberbagaihasilbudayapadamasapraaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3.
Berlakujujurdanbertanggung-jawabdalammengerjakantugas-tugasdaripembelajaransejarah
3.1.
Memahamidanmenerapkankonsepberpikirkronologis (diakronik),sinkronik, ruangdanwaktudalamsejarah.
3.2.
Memahamicorakkehidupanmasyarakatpadazamanpraaksara
4.1.
Menyajikaninformasimengenaiketerkaitanantarakonsepberpikirkronologis(diakronik),
sinkronik, ruangdanwaktudalamsejarah.
4.2.
Menyajikan hasil
penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C.IndikatorPencapaianKompetensi
3.1.1
Menjelaskanpengertiandiakronisdansinkronis
3.1.2
Menerapkanberfikirdiakronisdansinkronisdalammemahamidanmerekontruksisejarah
yang dipelajari
3.2.1
Menjelaskanpengertianpraaksara
D. TujuanPembelajaran
1.
Melaluiaktifitastanyajawabsiswadapatmenjelaskanpengertianpraaksaradanprasejarah
2.
Melaluidiskusikelompoksiswadapatmembandingkanpengertianpraaksaradanprasejarah
3.
Melaluidiskusikelompoksiswadapatmenunjukancontohkonsepberpikirkronologis (diakronis)dansinkronisdalampenulisansejarah
E.Materi Ajar
1. PengertianPraaksaradanPrasejarah
Prasejarah
:sebelumadaSejarah: Masasebelumadaaktivitaskehidupanmanusia
Praaksara :sebelumadaTulisan :
masasebelumkehidupanmanusiamengenaltulisan
2. PengertianKronologis,
diakronisdansinkronis
Pemahamantentangkronologis (diakronis)
dan sinkronis
Kronologis
:Pengetahuantentangruangdanwaktudenganmenekankanperlunyaseluruhkejadianatauperistiwaberdasarkanurtanwaktu.
peristiwadankejadian yang terjadilebihduludaripada yang terjadikemudian
Diakronis:
Kemampuanmemahamiperistiwadenganmelakukanpenelusuranpadamasalalu(
CiriberpikirSejarah)
Sinkronis:
memahamiperistiwadenganmengabaikanaspekperkembanganyadenganmementingkanstruktur
yang terdapatdidalamsetiapperistiwa (
cirri berpikirilmu social)
Kronologiberartisesuaidenganurutanwaktu.Peristiwasejarahakanselaluberlangsungsesuaidenganurutanwaktu,
sehinggatidakterjadisecaramelompat-lompat. Pemahamansejarah yang
tidakkronologisakanmembuatpemahaman yang kelirutentangsejarah
F.Metode
1. Pendekatan :
Scientifict learning
2. Strategi/model : cooperative learning/problem based learning
3. Metode : Diskusikelompok,
group investigation, ceramah, penugasan
G.KegiatanPembelajaran
Kegiatan
|
Diskripsi
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberi Salam
·
Guru memeriksakesiapantempatpembelajaran
(kebersihandankenyamanan) sertamengecekpresensisiswa
·
Mempersilakansalahsatupesertadidikmemimpindoa
( Jika jam pertama)
·
Absensisiswa
·
Menyampaikantujuanpembelajarandankompetensi
yang harusdikuasaipesertadidikmelalui power point
|
10 Menit
|
Inti
|
MENGAMATI
·
Pesertadidikmembacabukusejarahhal…
·
Pesertadidikmengamatitayangangambardalam power
point untukappersepsimateri
·
Pesertadidikdibimbinguntukmencariinformasidaribukutentangmateri
yang dibahas
MENANYA
·
Pesertadidikdiharapkanmenyampaikanpertanyaan
yang berkaiatandenganmaterididalamsebuahkertasdandikumpulkan (Pertanyaan yang terkumpulmenjadibahanuntuk topic
diskusi) ( Jikatidakadapertanyaansudahdisiapkanolehguru)
MENALAR
·
Guru membagipesertadidikmenjadi 6 kelompokmasingmasingkelompokberanggotakan
5 siswadengancaramenghitung 1- 6
·
Guru
membagikankertaspertanyaankepadasetiapkelompokuntukdidiskusikan
·
Siswamendiskusikanpertanyaanpertanyaan yang disampaikan
MENCOBA
·
Pesertadidikmencatathasildiskusi
·
Pesertadidikmembuatlaporanhasildiskusi
MEMBUAT JEJARING
·
Guru
memintaperwakilanmasing-masingkelompokmempresentasikanhasildiskusinya di
depankelas
·
Peserta
lain menanggapihasildiskusi yang di presentasikan
·
Pesertadidikmencatat/ menyempurnakanhasildiskusinya
·
Pesertadidikmembuatlaporanhasildikusiuntukdikumpulkan
|
60 Menit
|
Penutup
|
·
Pesertadidikdiberikanulasansingkattentangkegiatanpembelajarandanhasilbelajarnya
·
Pesertadidikdimotivasiuntukmenanyakan yang
belumjelas.
·
Pesertadidikdiberikanpertanyaansecaralisan.
·
Pesertadidikmembuatkesimpulanmateri yang
barudibahas
·
Guru memberikaninformasitentangmateri yang
akandibahasminggudepandanmengingatkanpesertadidikuntukmempelajarimateriduludirumahsebagaitugas
·
Guru mengakhiripelajarandengansalam.
|
20 Menit
|
G. AlatdanSumberBelajar
1. BukusumberSejarah SMA Klas X
·
Modul Mata
PelajaranSejarahPeminatanDirjenKebudayaanKemendikbud 2013
·
KementrianPendidikandanKebudayaanRepublik
Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia,
Jakarta: Kemendikbud
·
NicoTamiend R & M.P.B Manus, 2000, Sejarah, Jakarta: Yudhistira
·
I WayanBadrika, 2004, Sejarah SMA, Jakarta:
PenerbitErlangga
2. Media Pembelajaran
Ø
Power Point
Ø
Kartupertanyaan
H. Penilaian Proses
danHasilBelajar
- Teknik: Tesdan Non tes
- Bentuk: Uraiandantugas
- Instrumen (Tesdan Non tes)
a. Tesuraian:
SOAL:
Kerjakansoalberikutinidenganbenar!
1. BandingkanperbedaanpengertianPrasejarahdanPraaksara
2. Jelaskanpengertiankronologisdalamperistiwasejarah!
3. BandingkanpolaberpikirSinkronisdanDiakronis
KUNCI JAWAB:
1.
Prasejarah
Praaksara
2. Kronologisberartisesuaidenganurutanwaktu.
Peristiwasejarahakanselaluberlangsungsesuaidenganurutanwaktu,
sehinggatidakterjadisecaramelompat-lompat. Pemahamansejarah yang
tidakkronologisakanmembuatpemahaman yang kelirutentangsejarah.
3. PolaBerpikirSinkronik
dandiakronik
PedomanPenskoran :
Penskoran
No.
|
Skor ( max)
|
1
|
25
|
2
|
25
|
3.
|
50
|
Jumlah
|
100
|
b. Non Tes
Penilaian:
NO
|
NAMA SISWA
|
Keterampilan yang dinilai
|
SKOR
TOTAL
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
dst
|
Keterampilan/
aspek yang dinilai:
1. Partisipasi
2. Kemampuanbekerjasama
3. Kemampuanmenyampaikanpendapat
4. Kemampuanberargumentasi
5. Menghargaipendapatpesertadiskusi
Penilaian:
Skormaksimumuntuksetiapketerampilan
yang dinilaiadalah 5, sehinggaskor total adalah 25 (5x5). Diubahmenjadinilaidengandikalikan
4 untukmendapatnilaibulat (100).
Contohskor: 18---------nilai= 72
(18x4).
Mengesahkan: Bantul, 15 Juli
2013
KepalaSekolah Guru Mata Pelajaran
Langsung aja download dibawah ini
https://www.dropbox.com/event_details/239985801/445493213/417671726/0
https://www.dropbox.com/event_details/239985801/445493213/417671726/0
ERI QUSYAERI,S.Ag.M.Pd ENENG SITI SUHERNI
Komentar
Posting Komentar