Langsung ke konten utama

RPP SEJARAH INDONESIA K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan                        : SMK AL-HASAN SAKETI
Kelas / Semester                           : X/I
Mata Pelajaran                               : Sejarah Indonesia
MateriPokok                                   : MenelusuriPeradabanawal di KepulauanIndonesia.SebelumMengenalTulisan
Sub MateriPokok                          : SebelummengenalTulisan
PertemuanKe                                 : 1
AlokasiWaktu                                 : 2 x 45 menit( 90menit )

A.KompetensiInti :
1.      Menghayatidanmengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramahlingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahamidanmenerapkanpengetahuanfaktual, konseptual, proseduraldalamilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.Kompetensidasar
1.2.       Menghayatiketeladananparapemimpindalamtoleransiantarumatberagamadanmengamalkannyadalamkehidupansehari-hari
2.1.        Menunjukkansikaptanggungjawab, peduliterhadapberbagaihasilbudayapadamasapraaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3.        Berlakujujurdanbertanggung-jawabdalammengerjakantugas-tugasdaripembelajaransejarah
3.1.        Memahamidanmenerapkankonsepberpikirkronologis (diakronik),sinkronik, ruangdanwaktudalamsejarah.
3.2.        Memahamicorakkehidupanmasyarakatpadazamanpraaksara
4.1.        Menyajikaninformasimengenaiketerkaitanantarakonsepberpikirkronologis(diakronik), sinkronik, ruangdanwaktudalamsejarah.
4.2.        Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C.IndikatorPencapaianKompetensi
3.1.1          Menjelaskanpengertiandiakronisdansinkronis
3.1.2          Menerapkanberfikirdiakronisdansinkronisdalammemahamidanmerekontruksisejarah yang dipelajari
3.2.1     Menjelaskanpengertianpraaksara

D. TujuanPembelajaran
              1.         Melaluiaktifitastanyajawabsiswadapatmenjelaskanpengertianpraaksaradanprasejarah
              2.         Melaluidiskusikelompoksiswadapatmembandingkanpengertianpraaksaradanprasejarah
              3.         Melaluidiskusikelompoksiswadapatmenunjukancontohkonsepberpikirkronologis (diakronis)dansinkronisdalampenulisansejarah

E.Materi Ajar
  1.       PengertianPraaksaradanPrasejarah
Prasejarah :sebelumadaSejarah: Masasebelumadaaktivitaskehidupanmanusia
Praaksara :sebelumadaTulisan : masasebelumkehidupanmanusiamengenaltulisan
  2.       PengertianKronologis, diakronisdansinkronis
Pemahamantentangkronologis (diakronis) dan sinkronis
Kronologis :Pengetahuantentangruangdanwaktudenganmenekankanperlunyaseluruhkejadianatauperistiwaberdasarkanurtanwaktu. peristiwadankejadian yang terjadilebihduludaripada yang terjadikemudian
Diakronis: Kemampuanmemahamiperistiwadenganmelakukanpenelusuranpadamasalalu( CiriberpikirSejarah)
Sinkronis: memahamiperistiwadenganmengabaikanaspekperkembanganyadenganmementingkanstruktur yang terdapatdidalamsetiapperistiwa  ( cirri berpikirilmu social)
Kronologiberartisesuaidenganurutanwaktu.Peristiwasejarahakanselaluberlangsungsesuaidenganurutanwaktu, sehinggatidakterjadisecaramelompat-lompat. Pemahamansejarah yang tidakkronologisakanmembuatpemahaman yang kelirutentangsejarah

F.Metode
                1. Pendekatan                   : Scientifict learning
                2. Strategi/model             : cooperative learning/problem based learning
                3. Metode                           : Diskusikelompok, group investigation, ceramah, penugasan

G.KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Diskripsi
AlokasiWaktu
Pendahuluan
·      Memberi Salam
·      Guru memeriksakesiapantempatpembelajaran (kebersihandankenyamanan) sertamengecekpresensisiswa
·      Mempersilakansalahsatupesertadidikmemimpindoa ( Jika jam pertama)
·      Absensisiswa
·      Menyampaikantujuanpembelajarandankompetensi yang harusdikuasaipesertadidikmelalui power point
10 Menit
Inti
MENGAMATI
·      Pesertadidikmembacabukusejarahhal…
·      Pesertadidikmengamatitayangangambardalam power point untukappersepsimateri
·      Pesertadidikdibimbinguntukmencariinformasidaribukutentangmateri yang dibahas

MENANYA
·      Pesertadidikdiharapkanmenyampaikanpertanyaan yang berkaiatandenganmaterididalamsebuahkertasdandikumpulkan (Pertanyaan  yang terkumpulmenjadibahanuntuk topic diskusi) ( Jikatidakadapertanyaansudahdisiapkanolehguru)

MENALAR
·      Guru membagipesertadidikmenjadi 6 kelompokmasingmasingkelompokberanggotakan 5 siswadengancaramenghitung 1- 6
·      Guru membagikankertaspertanyaankepadasetiapkelompokuntukdidiskusikan
·      Siswamendiskusikanpertanyaanpertanyaan yang disampaikan

MENCOBA
·     Pesertadidikmencatathasildiskusi
·     Pesertadidikmembuatlaporanhasildiskusi

MEMBUAT JEJARING
·     Guru memintaperwakilanmasing-masingkelompokmempresentasikanhasildiskusinya di depankelas
·     Peserta lain menanggapihasildiskusi yang di presentasikan
·     Pesertadidikmencatat/  menyempurnakanhasildiskusinya
·     Pesertadidikmembuatlaporanhasildikusiuntukdikumpulkan

60 Menit
Penutup
·      Pesertadidikdiberikanulasansingkattentangkegiatanpembelajarandanhasilbelajarnya
·      Pesertadidikdimotivasiuntukmenanyakan yang belumjelas.
·      Pesertadidikdiberikanpertanyaansecaralisan.
·      Pesertadidikmembuatkesimpulanmateri yang barudibahas
·      Guru memberikaninformasitentangmateri yang akandibahasminggudepandanmengingatkanpesertadidikuntukmempelajarimateriduludirumahsebagaitugas
·      Guru mengakhiripelajarandengansalam.
20 Menit


G. AlatdanSumberBelajar
1. BukusumberSejarah SMA Klas X
·         Modul Mata PelajaranSejarahPeminatanDirjenKebudayaanKemendikbud 2013
·         KementrianPendidikandanKebudayaanRepublik Indonesia. 2013. Sejarah Indonesia, Jakarta: Kemendikbud
·         NicoTamiend R & M.P.B Manus, 2000, Sejarah, Jakarta: Yudhistira
·         I WayanBadrika, 2004, Sejarah SMA, Jakarta: PenerbitErlangga
2. Media Pembelajaran
Ø  Power Point
Ø  Kartupertanyaan

H. Penilaian Proses danHasilBelajar
  1. Teknik: Tesdan Non tes
  2. Bentuk: Uraiandantugas
  3. Instrumen (Tesdan Non tes)
a.       Tesuraian:
SOAL:
Kerjakansoalberikutinidenganbenar!
1.       BandingkanperbedaanpengertianPrasejarahdanPraaksara
2.       Jelaskanpengertiankronologisdalamperistiwasejarah!
3.       BandingkanpolaberpikirSinkronisdanDiakronis
KUNCI JAWAB:
1.       Prasejarah
Praaksara
2.       Kronologisberartisesuaidenganurutanwaktu. Peristiwasejarahakanselaluberlangsungsesuaidenganurutanwaktu, sehinggatidakterjadisecaramelompat-lompat. Pemahamansejarah yang tidakkronologisakanmembuatpemahaman yang kelirutentangsejarah.
3.       PolaBerpikirSinkronik
dandiakronik

PedomanPenskoran :
Penskoran
No.
Skor ( max)
1
25
2
25
3.
50
Jumlah
100


b.      Non Tes
Penilaian:   
NO
NAMA SISWA
Keterampilan yang dinilai
SKOR
TOTAL
1
2
3
4
5
1







2







3







dst








                Keterampilan/ aspek yang dinilai:
1.       Partisipasi
2.       Kemampuanbekerjasama
3.       Kemampuanmenyampaikanpendapat
4.       Kemampuanberargumentasi
5.       Menghargaipendapatpesertadiskusi
Penilaian:
Skormaksimumuntuksetiapketerampilan yang dinilaiadalah 5, sehinggaskor total adalah 25 (5x5). Diubahmenjadinilaidengandikalikan 4 untukmendapatnilaibulat (100).
Contohskor: 18---------nilai= 72 (18x4).
Mengesahkan:                                                                          Bantul, 15 Juli 2013
KepalaSekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran




ERI QUSYAERI,S.Ag.M.Pd                                                   ENENG SITI SUHERNI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT DESAIN

Pada tutorial kali ini saya membagikan panduan membuat ikon Sederhana, Meskipun kelihatan sepele, ikon bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk kartu nama, brosur, iklan, elemen dalam website atau blog dan lain-lain Gambar : Icon Alamat - Phone - Email Pertama, kita buat ikon sederhana yang biasa ada pada Kartu Nama , antara lain ikon Tempat/alamat, Telepon, dan E-mail . 1. Buka Corel Draw, kali ini saya memakai Corel Draw X4 . (tutorial ini bisa diterapkan di semua coreldraw) 2. Pertama kita membuat ikon tempat/alamat, klik Polygon Tool (Y) , buat segitiga, jangan lupa ubah number pointnya menjadi tiga. 3. Ubah arah rotasi sampai sudut lancip berada di bawah, caranya klik dua kali pada objek sampai muncul tanda rotasi, lalu putar objek. 4. Buat objek lagi berbentuk elips, Klik Elips Tool (F7) , drag sampai membentuk objek seperti gambar di bawah. 5. Arahkan objek elips yang baru kita buat pada bagian atas segitiga, usahakan objek elip...

BEKERJA HARMONI WARNA DALAM COREL DRAW

Gaya warna dapat dikombinasikan ke dalam kelompok yang disebut harmoni.   Sebuah harmoni memungkinkan Anda untuk menghubungkan gaya warna ke dalam hubungan rona berbasis dan memodifikasi mereka bersama-sama sebagai satu set. Dengan mengedit gaya warna selaras, Anda dapat dengan cepat membuat berbagai skema warna alternatif dengan menggeser warna bersama-sama, atau Anda dapat mengubah komposisi warna karya seni Anda dalam satu langkah. Anda dapat menciptakan harmoni warna dari awal atau dari warna objek yang sudah ada. Tutorial ini akan mengajarkan Anda: cara membuat  harmoni warna baru  dari swatch warna bagaimana untuk  mengasosiasikan warna  dalam harmoni warna dengan objek di dalam dokumen cara membuat harmoni warna  dari obyek yang sudah ada cara  mengedit warna  dalam harmoni warna cara  mengecualikan warna  dari harmoni warna cara membuat  harmoni warna gradien cara untuk  mengekspor gaya warna dan folder ha...

CONTOH LOGO SMK ALHASAN SAKETI

LOGO SMK ALHASAN SAKETI